Journal Economic Education, Business and Accounting
Vol 2 No 1 (2023): JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting)

PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 NUBATUKAN

Tolok, Theresia Kewinai (Unknown)
saragih, fernando (Unknown)
Data, Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Latar belakang riset ini yakni prestasi belajar peserta didik yang rendah karena, tidak mengumpulkan tugas, alat pembelajaran di sekolah kurang lengkap, ekonomi keluarga kurang baik, didalam masyarakat sebagian besar anak usia sekolah yang tidak melanjutkan pendidikan. Riset ini bermaksud untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMAN 2 Nubatukan. Populasi berjumlah 89 peserta didik, sampel sebanyak 73 peserta didik. Pengambilan sampel Proportional Sampling. Analisis regresi linear bergada adalah teknik analisis yang dipakai dalam riset ini, Y = 16,741 + 1,041 X₁ + 0,590 X₂ + e. Riset ini menunjukan bahwa disiplin belajar dan lingkungan belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Nubatukan, F-hitung>F-tabel (21,170>3,98) dan sig 0,000<0,05. Secara parsial disiplin belajar (X1) berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Nubatukan (3,880>1,994), sig 0,000<0,05. Lingkungan belajar (X2) berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Nubatukan, (2,219>1,994), sig 0,030<0,05. Pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat 37,7% dan 62,3% dipengaruhi oleh variabel lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEEBA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JEEBA (Journal Economic Education, Business and Accounting) is a research base journal published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Negeri Jakarta Indonesia. The journal published two times per year in april and October. This journal started publishes since 2022. The scope and ...