Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika
Vol 1 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2022

Persepsi Peserta Didik Terhadap Keterbacaan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Materi Alat-Alat Optik

Mustika Zahfira Utami (Universitas Bengkulu)
Iwan Setiawan (Universitas Bengkulu)
Eko Risdianto (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan uji keterbacaan guna mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap media pembelajaran komik digital. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket persepsi peserta didik dengan 19 butir pertanyaan yang diberikan kepada 30 responden yang merupakan peserta didik di 3 sekolah yaitu SMA Negeri 2,4, dan 9 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik digital berbasis pendekatan kontekstual sangat baik berdasarkan persepsi peserta didik. Hal ini didasarkan pada data yang diperoleh bahwa dari seluruh pernyataan mengenai keterbacaan tehadap media pembelajaran komik digital, hampir semuanya dijawab dengan persentase terbesar berada pada pilihan jawaban sangat setuju dan setuju. Ini berarti bahwa peserta didik setuju dengan poin-poin yang ditawarkan pada setiap pernyataan yang mereka isi pada lembar persepsi. Dari data yang diperoleh juga didapatkan nilai Va sebesar 4.28 yang masuk ke kategori valid. Sedangkan nilai reliabilitas diperoleh sebesar 0.85, dan nilai tersebut lebih besar dari r tabel untuk df = 28 yaitu sebesar 0.3610, karena rhitung>rtabel maka masuk ke kategori reliabel.Kata kunci : Persepsi Peserta Didik, Keterbacaan, Media Pembelajaran, Komik Digital, Pendekatan Kontekstual, Motivasi Belajar, Alat-alat Optik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Articles which can be published in this journal are research results articles, literature reviews, case studies or ideas on teaching physics, learning physics, physics as science, and applied ...