Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika
Vol 1 No 2: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi Maret 2022

PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP KETERBACAAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT (SOLE) BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR

Oktaviyani Rosniadi Pratama (Universitas Bengkulu)
Connie Connie (Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu)
Eko Risdianto (Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melakukan uji keterbacaan guna mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap modul pembelajaran menggunakan model Self Organized Learning Environment (SOLE) berbantuan Augmented Reality. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket persepsi peserta didik dengan 20 butir pertanyaan yang diberikan kepada 75 responden yang merupakan peserta didik di 3 sekolah yaitu SMA Negeri 4, SMA Negeri 5 dan SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran menggunakan model Self Organized Learning Environment (SOLE) berbantuan Augmented Reality pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar sangat baik berdasarkan persepsi peserta didik. Hal ini didasarkan pada data yang diperoleh bahwa dari seluruh pernyataan mengenai keterbacaan tehadap media pembelajaran modul pembelajaran, hampir semuanya dijawab dengan persentase terbesar berada pada pilihan jawaban sangat baik dan baik. Hal ini berarti bahwa peserta didik setuju dengan poin-poin yang ditawarkan pada setiap pernyataan yang mereka isi pada lembar persepsi. Berdasarkan data yang diperoleh didapatkan rata-rata persentase aspek tampilan 91,13 %, aspek penyajian 90,33 % dan aspek manfaat 88,56 %. Sehingga dapat diambil kesimpulan dari ketiga aspek tersebut bahwa modul yang dikembangkan sangat baik dengan persentase rata-rata keseluruhan 90,01 %. Kata kunci : Persepsi Peserta Didik, Keterbacaan, Modul Pembelajaran, Augmented Reality, Model Self Organized Learning Environment (SOLE), Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar ABSTRACT This study aims to conduct a readability test to describe students' perceptions of the learning module using the Augmented Reality-assisted Self Organized Learning Environment (SOLE) model. This type of research is development research. The research instrument used was a student perception questionnaire with 20 questions given to 75 respondents who were students in 3 schools, namely SMA Negeri 4, SMA Negeri 5, and SMA Negeri 9 Bengkulu City. In this study, data analysis used quantitative descriptions. the results of the data obtained can be obtained that the learning module uses the Self Organized Learning Environment (SOLE) model with the help of Augmented Reality on very good dynamics and game materials based on students' perceptions. This is based on all the data obtained from statements regarding the readability of the learning media of the learning module, almost all of which are answered with the best answers from the best and good answers. This means that students agree with the points offered in the statements they fill in the perception sheet. Based on the data obtained, the average percentage of the display aspect is 91.13%, the presentation aspect is 90.33% and the aspect is 88.56%. So it can be concluded from these three aspects that the module developed is very good with an overall average percentage of 90.01%. Keyword : Student Perception, Readability, Learning Module, Augmented Reality, Self Organized Learning Environment (SOLE) Model, Rotational Dynamics and Equilibrium Rigid Body

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Articles which can be published in this journal are research results articles, literature reviews, case studies or ideas on teaching physics, learning physics, physics as science, and applied ...