Amplitudo: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika
Vol 2 No 1: Amplitudo : Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika Edisi September 2022

RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP KETERBACAAN E-MODUL BERBASIS SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE) UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG DI SMA

Bily Pratama Putra (Universitas Bengkulu)
Andik Purwanto (Universitas Bengkulu)
Eko Risdianto (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk melakukan uji keterbacaan guna mendeskripsikan respon peserta didik terhadap e-modul berbasis SSCS. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket  respon peserta didik dengan 22 butir pertanyaan yang diberikan kepada 45 responden yang merupakan peserta didik di 3 sekolah yaitu SMA Negeri 4, 7, dan 9 Kota Bengkulu. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis SSCS sangat baik berdasarkan respon peserta didik. Hal ini didasarkan pada data yang diperoleh bahwa dari seluruh pernyataan mengenai keterbacaan tehadap e-modul berbasis SSCS, hampir semuanya dijawab dengan persentase terbesar berada pada pilihan jawaban sangat setuju dan setuju. Ini berarti bahwa peserta didik setuju dengan poin-poin yang ditawarkan pada setiap pernyataan yang mereka isi pada lembar respon peserta didik. Dari data yang diperoleh juga didapatkan nilai Va sebesar 3.31 yang masuk ke kategori valid. Sedangkan nilai reliabilitas diperoleh sebesar 1.04, dan nilai tersebut lebih besar dari r tabel untuk df = 43 yaitu sebesar 0.2940, karena rhitung>rtabel maka masuk ke kategori reliabel.   Kata kunci :Respon Peserta Didik, Keterbacaan, E-Modul, SSCS, Berpikir Kreatif, Gelombang   ABSTRACT   This study aims to conduct a readability test to describe students' responses to SSCS-based e-modules. This type of research is development research. The research instrument used was a student response questionnaire with 22 questions given to 45 respondents who were students in 3 schools, namely SMA Negeri 4, 7, and 9 in Bengkulu City. In this study, data analysis used quantitative descriptions. Based on the results of the data obtained, it can be concluded that the SSCS-based e-module is very good based on student responses. This is based on the data obtained that of all statements regarding the readability of SSCS-based e-modules, almost all of them were answered with the largest percentage being in the answer choices strongly agree and agree. This means that students agree with the points offered in each statement that they fill out on the student response sheet. From the data obtained, the Va value of 3.31 was also obtained which entered the valid category. While the reliability value obtained is 1.04, and the value is greater than the r table for df = 43, which is 0.2940, because rcount> rtable, it is included in the reliable category.   Keywords: Student Response, Readability, E-Module, SSCS, Creative Thinking, Waves

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Articles which can be published in this journal are research results articles, literature reviews, case studies or ideas on teaching physics, learning physics, physics as science, and applied ...