Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi)
Vol. 3 No. 1 (2019): PROSIDING SEMNAS INOTEK Ke-III Tahun 2019

ANALISIS PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS GAMIFIKASI TERHADAP BUDAYA KNOWLEDGE SHARING

Rahmad Hidayad (Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Universitas Gadjah Mada)
Silmi Fauziati (Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Universitas Gadjah Mada)
Eko Nugroho (Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2021

Abstract

Pengetahuan dalam organisasi adalah pondasi utama dalam persaingan. Pengetahuan dimiliki oleh individu-individu dalam organisasi yang berkaitan dengan proses bisnis. Untuk mengelola pengetahuan tersebut dikembangkan teknologi Knowledge Management System (KMS). KMS berfungsi untuk membantu mengelola pengetahuan sehingga tidak hilang dan dapat dipergunakan untuk mendorong kemajuan organisasi. Hambatan utama dalam penerapan KMS adalah motivasi. Penelitian ini menganalisis pengaruh KMS memanfaatkan Moodle dan OpenKM dan metode gamifikasi. Analisis dilakukan untuk mengukur pengaruh KMS terhadap performa sharing knowlwedge. Terdapat 4 hipotesis yang diuji dengan hasil keseluruhannya diterima. Penelitian menunjukan bahwa penggunaan gamifikasi memberikan pengaruh positiv dalam proses knowledge sharing.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

inotek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mathematics Mechanical Engineering Transportation

Description

Teknologi saat berkembang sangat cepat selama beberapa tahun terakir ini. Perkembangan teknologi tersebut merupakan salah satu dampak dari peningkatan inovasi dalam bidang teknologi. Ide-ide dan produk baru selalu ada untuk membantu kemingkatkan kualitas kehidpan manusia. Dalam rangka mendukung ...