Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 3 (2023): Agustus

Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI

Debora Listia Pristanti (Universitas hamzanwadi)
Surya Mayadi (SMA Negeri 1 Selong, Lombok Timur)
Neny Endriana (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Globalisasi mengambil peran yang penting untuk kemajuan peserta didik pada bidang pendidikan dimana pendidikan merupakan salah satu faktor untuk mendukung kemajuan suatu negara. Salah satu aspek yang dilihat adalah prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan dua siklus pembelajaran yang mengimplementasikan model pembelajaran berbasis proyek. Teknik metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis proyek. Pada siklus II menunjukkan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan siklus I. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek efektif dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...