FingeR: Journal of Elementary School
Vol. 2 No. 1 (2023): Edisi Juni

Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Gaya Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Maryadi (Unknown)
Ulin Ni’am, Ahmad (Unknown)
Pravitasari, Dyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru kelas dalam menghadapi gaya belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Tulus Ayu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digukanan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data ‎menggunakan teknik analisis model Miles & Huberman yaitu ‎reduksi data, penyajian data ‎dan penarikan kesimpulan.‎ Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa sebanyak 6 siswa kelas V SD Negeri 01 ‎Tulus Ayu memiliki gaya ‎belajar ‎kinestetik, 4 anak dengan gaya belajar visual dan 2 siswa dengan ‎gaya belajar audiotori. ‎Strategi yang digunakan guru untuk menghadapi gaya ‎belajar tipe kinestetik ‎adalah menggunakan strategi pembelajaran ‎kooperatif ‎dan ‎strategi pembelajaran ‎inkuiri, sedangkan untuk gaya ‎belajar ‎tipe ‎‏visual dan gaya belajar tipe audiotori ‎guru menggunakan strategi ‎pembelajaran ‎ekspositori. ‎Faktor pendukung dalam ‎menghadapi gaya belajar siswa ‎yaitu siswa yang semangat dan antusias ‎saat ‎belajar, guru berusaha menerapkan ‎strategi dan ‎metode yang dikuasai, ‎kondisi ‎lingkungan yang nyaman, sumber ‎belajar dan beberapa alat ‎peraga yang ‎cukup.‎ Faktor penghambatnya yaitu siswa ‎yang kurang ‎berkonsentrasi ‎untuk ‎belajar di jam siang, ‎rendahnya kekreatifan guru ‎dalam ‎menggunakan strategi ‎yang tepat ‎ketika kondisi dan suasana kelas ‎tidak ‎memungkinkan, dan keterbatasan ‎media elektronik seperti ‎LCD proyektor ‎dan ‎speaker.‎  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

FingeR

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

FingeR (Journal of Elementary School) is a journal of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/Pendidikan Guru Sekolah Dasar/ Primary School/ Basic Education/ MI/ SD which contains various articles that study : 1. Analysis of student competency in PGMI/PGSD/MI/SD 2. Learning strategies in PGMI/PGSD/MI/SD ...