JUPIN: Jurnal Pendidikan Islam Nusantara
Vol. 1 No. 2 (2022): EDISI DESEMBER

Pembelajaran Kitab Al- Akhlak LI Al- Banin dalam Pembinaan Akhlak Santri di Asrama Al-Umami Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja 2022

Nurul ita syavira, Nurul ita syavira (Unknown)
Romdloni, Romdloni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui pembelajaran kitab Al-Akhlak Li AlBanin dalam pembinaan akhlak santri (2)Untuk mengetahui bagaimana pembinaan akhlak santri.(3) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat dan mendukung dalam pembinaan akhlak santri Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif, dimana peneliti merupakan instrumen dalam pengumpulan data di lapangan. Pengumpulan data oleh peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang selanjutnya akan dideskripsikan dan dianalisis. Trakhir peneliti akan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Pembelajaran kitab Al-Akhlak Li Al-Banin dalam pembinaan akhlak santri di Asrama Al-Umami Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja sebagai berikut: menggunakan beberapa metode yang pertama metode pegon, bandongan, dan memaknai kitab, serta menerangkan apa saja isi kitab akhlak tersebut.(2) Implikasi terhadap pembelajaran kitab Al-Akhlak Li Al-Banin ini sangat berpengaruh bagi kehidupan sehari-hari santri.(3). Faktor pendukungnya santri sudah bisa memprakatekkan akhlak yang sesuai dengan kitab Al-Akhlak Li Al-Banin sudah bisa membedakan akhlak yang buruk dan yang baik kepada para ustadz/ustadzahnya, orangtuanya, dan orang yang lebih tua darinya, menyayangi yang lebih muda, faktor penghambatnya santri terkadang telat masuk kedalam kelas, santri kalau memaknai kurang konsisten harus dituntun terlebih dahulu, kalau memaknai ada yang tidur, ada yang ngobrol sendiri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JUPIN

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Focus. JUPIN: Jurnal Pendidikan Islam Nusantara is an open access scholarly journal, publishing peer reviewed studies of Islamic Education thought and practice. It is available online to promote critical, hermeneutical, historical, and constructive conversations. JUPIN: Jurnal Pendidikan Islam ...