Ash-Shobiy: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan al-Qur'an
Vol 2 No 1 (2023): Ash-Shobiy: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan al-Qur'an

PENERAPAN METODE TAMI OTAKA DALAM MENJAGA HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 DI PAUD TAHFIZH PINTAR

Fikriyyah Hanifah (Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta)
Hasanah (Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang penerapan metode Tami Otaka dan faktor pendukung serta penghambat dalam metode Tami Otaka pada PAUD Tahfizh Pintar. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serra menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penerapan metode Tami Otaka di PAUD Tahfizh Pintar Joglo Jakarta Barat memiliki 3 tahapan yaitu persiapan pembelajaran, praktik pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran metode Tami Otaka. Dalam menjaga hafalan Al-Qur’an yaitu dengan cara sering mendengarkan bacaan Al-Qur’an, membaca dalam shalat, selalu bersama dan berkumpul dengan hafiz Al-Qur’an, menggunakan satu mushaf, menjadi mustami (penyimak), dan sima’an Al-Qur’an. Adapun faktor pendukung dalam menggunakan metode Tami Otaka ialah salah satunya dengan adanya sumber belajar yang memadai yaitu buku khusus pembelajaran metode Tami Otaka, serta faktor penghambat dalam menggunakan metode Tami Otaka salah satunya ialah faktor lingkungan yang mempengaruhi rasa malas dan muraja’ah dalam menghafal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Ash-Shobiy

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Ash-Shobiy Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan al-Quran is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect Quranic of early childhood education. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and ...