EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 6 (2022): December 2022

Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah di Dunia Pendidikan

Amiruddin Siahaan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Makmur Syukri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Nur Sya'adah Br Ginting (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Riska Nur (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Mhd Fazlul Rahman (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2023

Abstract

Kepemimpinan merupakan faktor terpenting dalam organisasi apapun, termasuk organisasi atau lembaga pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan mengembangkan teori kontemporer dan praktek kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan terdistribusi lalu mempertimbangkan seberapa jauh lembaga pendidikan diharapkan dapat meningkatkan hasil siswa. Metode penelitian ini ialah penelitian kepustakaan (library research) yang merupakan jenis dari penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini mengenai kepemimpinan transformasional merupakan sebuah proses saling menguatkan di antara para pemimpin dan pengikut ke tingkat moralitas dan motivasi yang lebih tinggi. Kepemimpinan transformasional bukan hanya langsung dan top-down (dari atas ke bawah), namun juga dapat diamati secara tidak langsung, dari bawah ke atas (bottom up), dan secara horizontal. Dengan penyebaran kepemimpinan masing-masing individu akan memiliki tanggung jawab, masing-masing penerapan model kepemimpinan terdistribusi dapat berjalan dengan efektif jika terdapat kerja sama yang solid pada pimpinan dan anggota

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...