EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 2 (2023): April

Pengembangan Flashcard Berbasis Kearifan Lokal Keanekaragaman Suku Bangsa dan Agama di Sekolah Dasar

Wiwin Sugiarti (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Mohammad Fatih (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Fathul Ni’am (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2023

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang tepat sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelayakan media ajar flashcard berbasis kearifan lokal pada materi Tentang Daerahku di kelas 4 SDN Sentul 4 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil uji validitas flashcard menunjukkan bahwa media ini 100% valid ditinjau dari elemen media dan 100% valid ditinjau dari materi produk. Hasil respon guru menunjukkan presentase sebesar 75,6% kategori layak digunakan dan hasil respon siswa menunjuk presentase sebesar 93.75% kategori sangat layak. Dengan ini, dapat dinyatakan bahwa flashcard berbasis kearifan lokal sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...