Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 5, No 3 (2023): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis Materi Perbandingan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Mojosongo

Rahayu, Sofiatun Dwi (Unknown)
Ariyanto, Lilik (Unknown)
Murtianto, Yanuar Hery (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan analisis kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika materi perbandingan dilihat dari aspek memahami masalah, merencanakan, melaksanakan dan mengecek kembali. Jenis penelitian adalah pendekatan kualitatif. Waktu penelitian pada semester genap 2021/ 2022. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Mojosongo. Teknik pengumpulan data tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menyatakan (1) Kesulitan aspek memahami masalah, yaitu siswa tidak biasa mengerjakan soal cerita dengan langkah pemecahan masalah Polya, siswa masih kurang lengkap dalam menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari soal, belum memahami konsep, dan siswa tidak dapat mengatur proses pengerjaan dengan baik; (2) Kesulitan aspek merencanakan penyelesaian yaitu siswa belum bisa membuat model matematika dan kemampuan siswa yang rendah dalam memahami masalah, serta kurangnya latihan soal cerita; (3) Kesulitan aspek melaksanakan yaitu kebiasaan siswa kurang teliti dalam perhitungan, langkah-langkah yang terlalu panjang, dan salah dalam membuat model matematika; (4) Kesulitan aspek mengecek kembali yaitu siswa tidak tahu cara mengecek kembali yang benar, siswa tidak dapat mengatur waktu pengerjaan dengan baik, dan sikap malas siswa untuk mengecek kembali jawaban.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...