Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Vol 14, No 3 (2023): Juli

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM ERA DIGITAL DALAM MEMBINA AKHLAK MULIA GENERASI ISLAMI

Amsal Qori Amsall (Universitas Medan Area)
Neng Nurcahyati Sinulingga (Universitas Medan Area)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2023

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pentingnya pendidikan Islam dalam membina akhlak mulia generasi Islami yang  di masa kini perkembangannya telah melaju sangat cepat dikarenakan hadirnya perangkat digital yang kini merubah pola berfikir ataupun perilaku individu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan  menggunakan pendekatan studi pustaka, yang sumber utamanya terdiri dari buku serta laporan hasil penelitian. Adapun analis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis) yang diproses dalam tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini telah menunjukkan bahwa Pendidikan Islam melalui pengembangan nilai-nilai akhlak mampu mengendalikan perilaku para generasi Islami yang menyimpang tentunya hal ini juga dibutuhkan kerjasama dari pihak-pihak terkait dan juga para peserta didik. Langkah yang tepat dalam menerapkan pendidikan Islam dalam membina akhlak adalah dengan selalu memberi contoh serta pemahaman terkait tentang perkembangan terkini terkait akhlak di era digital sehingga generasi muda Islami dapat membedakan perbuatan yang ma’ruf dan munkar sehingga ia dapat dengan bijak dalam melakukan segala sesuatu.Abstract. This study aims to find out about the importance of Islamic education in fostering the noble character of the Islamic generation which at this time has progressed very quickly due to the presence of digital devices that are now changing individual patterns of thinking or behavior. This type of research uses a qualitative method with a library research approach. ), the main sources are books and research reports, which are analyzed by content analysis and processed in three stages, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of the study indicate that Islamic education through the development of moral values is able to control the behavior of the deviant Islamic generation, of course this also requires cooperation from related parties and also students. The right step in implementing Islamic education in fostering morals is to always provide examples and related understanding of the latest developments related to morals in the digital era so that the younger generation of Islam can distinguish between right and wrong actions so that they can do things wisely.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

paedagoria

Publisher

Subject

Education

Description

Theoretical studies, research and development of teaching materials, activities, models or learning media in the field of education include mathematics and natural sciences (physics, chemistry, biology, science, ICT, and its applications); (2) social science, history, geography, culture and economy; ...