Penanaman pendidikan karakter harus ditanamkan sejak dini untuk mewujudkan warga negara yang baik dengan menggunakan beberapa model serta metode dalam proses pengimplementasian pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui model dan metode Pendidikan Karakter apa saja yang diterapkan di RA Baiturrahman, dengan menggunakan metode kualitatif serta teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang berkaitan dengan Model Pendidikan Karakter di RA Baiturrahman. Hasil penelitian diperoleh data bahwa implementasi Model Pendidikan Karakter di RA Baiturrahman yaitu memuat beberapa model yaitu pembiasaan dan keteladanan, CTL (Contextual Teaching and Learning), bermain peran dan pembelajaran partisipasif serta berbagai metode, metode sentra, metode Ummi, metode bercerita, metode bernyanyi, dan metode karyawisata dalam proses pendidikan karakter. Pendidikan karakter dalam pembelajaran sentra dan dengan model pembiasaan dan keteladanan berjalan efektif dan keberhasilan dalam proses pembelajaran 80% dilihat dari perkembangan anak. Hal ini bisa dilihat dari aktivitas atau perilaku yang muncul dari anak pada setiap pembelajaran berlangsung.
Copyrights © 2023