JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Analisis Tingkat Pemahaman Konsep Siswa dengan Menggunakan Tes Pilihan Ganda Beralasan pada Materi Sel di SMA Negeri 1 Rambatan

Osmeriza Putri (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Liza Yulia Sari (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Annika Maezeli (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman konsep siswa pada materi Sel yang terlihat dari hasil ulangan harian siswa pada materi sel pada tahun pelajaran 2020/2021 dan 2021/2022 dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 78. Untuk menganalisis tingkat pemahaman konsep siswa, peneliti menggunakan tes pilihan ganda beralasan, karena jika hanya pilihan ganda biasa tidak dapat menggambarkan tingkat pemahaman konsep siswa tersebut. Tujuan penelitian ini menganalisis tingkat pemahaman konsep siswa dengan jenis penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rambatan Kabupaten Tanah Datar Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel ini adalah total sampling dengan jumlah 102 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini berupa tes pilihan ganda beralasan dengan analisis soal menggunakan aplikasi simpel PAS dan Micrososft Excel. Hasil penelitian yang didapatkan menggambarkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa kelas XI pada materi sel adalah 7,2% kategori paham, 38,4% kategori miskonsepsi dan 54,6% kategori tidak paham konsep. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan tes pilihan ganda beralasan dapat menganalisis tingkat pemahaman konsep siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...