JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Upaya Peningkatan Partisipasi Remaja dalam Kegiatan Keagamaan dengan Mengadakan Perlombaan Keagamaan di Desa Lalang

Purbatua Manurung (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Stariah Stariah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Tuti Wildani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Yana Yupita Sitompul (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Zia Azkia (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi remaja dalam mengikuti kegiatan keagamaan dengan memberi pemahaman kepada remaja tentang pentingnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan social keagamaan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pokok masalah tentang minat remaja dalam kegiatan keagamaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan para remaja. Dari hasil analisis data diketahui bahwa dalam kegiatan yasinan, memperingati hari besar Islam dan gotong royong tidak semua remaja berpartisipasi. Sedangkan faktor yang menyebabkan remaja kurang berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan yaitu dari faktor intern dan ekstern dimana faktor intern yang berasal dari dalam diri remaja yaitu kurangnya kesadaran remaja akan pentingnya berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan, remaja belum memiliki pemahaman yang baik tentang partisipasinya dalam kegiatan social keagamaan. Sedangkan dari faktor ekstern yaitu faktor yang berasal dari luar diri remaja yaitu keluarga, tempat bermain, dan lingkungan sekitar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...