JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Analisis Kemampuan Siswa dalam Menulis Karangan Narasi dengan Metode Mind Writing pada Tema 8 Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN 1 Wajak Kidul

Nugrananda Janattaka (Universitas Bhinneka PGRI)
Prawesti Dinda Meliyana (Universitas Bhinneka PGRI)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2023

Abstract

Pada dasarnya setiap orang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi. Dalam hal ini, kompetensi seseorang dapat tercermin dalam komunikasi sehari-hari. Keempat keterampilan ini membentuk satu kesatuan yang mendukung keterampilan komunikasi yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi dengan metode mind writing pada tema 8 pembelajaran bahasa Indonesia kelas III SDN 1 Wajak Kidul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil bahwa kemampuan menulis karangan narasi dengan metode mind writing pada kelas III SDN 1 Wajak Kidul. Hal ini terjadi karena penggunaan metode mind writing yang dapat mempermudah pemahaman siswa dalam menulis karangan narasi. Adapun hasil yang dijabarkan yaitu sebagai berikut. Hasil menulis karangan pada aspek alur narasi memperoleh sebesar 77% dengan kategori tinggi, aspek latar narasi memperoleh sebesar 91% dengan kategori tinggi, aspek penokohan dalam narasi memperoleh sebesar 80% dengan kategori tinggi, selanjutnya pada aspek sudut pandang dalam narasi memperoleh sebesar 75% dengan kategori sedang. Rata-rata siswa sudah mendapatkan hasil yang baik dengan metode mind writing.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...