Penelitian dilaksanakan dengan tujuan mengetahui pengaruh model Problem Based Learning menggunakan media papan siklus air (PALUSIR) terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 101783 Saentis T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 101783 Saentis yang berjumlah 42 orang. Sampel yang digunakan adalah kelas VA dengan jumlah 21 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan nilai signifikan sig (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 dan perolehan thitung (3,285) > ttabel (2,021) pada taraf signifikan ? = 0,05. Hal ini membuktikan terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan model problem based learning menggunakan media papan siklus air terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 subtema 1 kelas V SDN 101783 Saentis T.A 2022/2023.
Copyrights © 2023