Global Journal Basic Education
Vol 2 No 2 (2023): Mei

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Hafid, Abdul (Unknown)
Muliadi, Muliadi (Unknown)
Ulpa, Mirnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini adalah peneltian kuantitatif jenis eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan motivasi belajar siswa sebelum dan seteleh penggunaan model pembelajaran NHT. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Prenontest-Postnontest Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh jumlah siswa kelas IV SD Inpres Tanaberu dengan sampel sebanyak 34 siswa yang dipilih dengan teknik sampling jenuh jenuh. Teknik pengumpulan data angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh rata-rata pre-nontest 48.70 dan rata-rata pos-nontest 83.91. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial hasil uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test menunjukkan bahwa nilai Sig 0,200 dan 0,087 > 0,05 yang berarti data pre-nontest dan post-nontest berdistribusi normal. Hasil uji Levene Statistic menunjukkan bahwa nilai Sig 0,226 dan 0,408 > 0,05 yang berarti data pre-nontest dan post-nontest homogen. Sig 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa sebelum dan setelah pengggunaan model pembelajara NHT di kelas IV SD Inpres Tanaberu. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Numbered Head Together (NHT), Motivasi Belajar Siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...