Stabilitas
Vol 3 No 3 (2022): Volume 3 Nomor 3, September 2022

DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK DI SMPN 2 BANJARBARU

Irham Maulana (Universitas Lambung Mangkurat)
Nurdiansyah Nurdiansyah (Universitas Lambung Mangkurat)
Mashud Mashud (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2022

Abstract

Pandemi covid-19 membuat kehidupan berubah 180 derajat, karena sebelum adanya pandemi aktivitas diluar rumah ataupun disekolah tidak ada batasan, Namun dengan kedatangan covid-19 yang umumnya melanda dunia terkhusus di Indonesia. Sektor pendidikan sangat merasakan dampak yang luarbiasa karena merubah pembelajaran yang awalnya tatap muka langsung turun ke sekolah kini berubah menjadi jarak jauh dengan menggunakan bantuan alat elektronik berupa handphone atau semacamnya. Mengingat betapa pentingnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pjok di masa pandemi covid-19 sekarang ini dengan data berupa nilai raport dan wawancara. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bisa diperoleh kesimpulan bahwa dampak pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK di SMPN 2 Banjarbaru melalui kajian nilai raport dan pendapat guru, menunjukkan adanya perbandingan ketuntasan hasil belajar siswa pada nilai kognitif (pengetahuan) yang lebih besar dibandingkan nilai psikomotorik (keterampilan). Ketuntasan individual siswa yang mencapai nilai pengetahuan (kognitif) ≥76 sebanyak 192 siswa dari 196 jumlah siswa secara keseluruhan, dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 98%. Sedangkan ketuntasan individual siswa yang mencapai nilai keterampilan (psikomotorik) ≥76 hanya sebanyak 185 siswa dari 196 jumlah siswa secara keseluruhan, dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 94%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mpj

Publisher

Subject

Education Public Health

Description

Dasar falsafah STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga adalah keseimbangan antara Psikomotor, Kognitif, dan ...