Abad ke-21 ditandai dengan era revolusi industri 4.0, society 5.0 sebagai abad keterbukaan atau abad globalisasi, peningkatan kualitas pembelajaran menjadi salah satu tantangan bagi para pendidik. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang memanfaatkan penggunaan teknologi, pendekatan berbasis masalah, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tren penelitian argumentasi ilmiah dalam pembelajaran sains di era revolusi industri 4.0, society 5.0. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka. Metode yang digunakan bersifat studi literatur (review). Analisis yang digunakan adalah analisis bibliometrik dengan memanfaatkan database Google Scholar yang memiliki banyak sumber seperti jurnal atau prosiding konferensi antara tahun 2014 sampai 2022. Selanjutnya disajikan analisis data berupa gambar grafis dengan bantuan VOSviewer, dan analisis deskriptif yang berupa penjelasan sistematis tentang fakta yang diperoleh saat melakukan penelitian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa penelitian mengenai keterampilan argumentasi dalam pembelajaran sains setiap tahun semakin meningkat. Keterampilan argumentasi bagi peserta didik tidak hanya mampu mengungkapkan apa saja teori yang diketahuinya namun juga dituntut harus mampu membuktikan kebenarannya sehingga dapat mencari pemecahan masalah yang dihadapi dengan sumber daya informasi yang tersedia. Model pembelajaran berbasis argumen sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan belajar dan berargumentasi bagi peserta didik sehingga mampu meningkatkan kualitas diri yang lebih kompleks dalam bersaing di masa yang akan datang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022