JEID
Vol. 2 No. 4 (2022)

Implementasi Model ASSURE Bernuansa STEAM dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika

Kurniawan, Galih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran ASSURE bernuansa STEAM dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V SD 3 Puyoh pada mata pelajaran matematika materi Pecahan. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli-September 2022. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD 3 Puyoh dengan total 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes menggunakan tes hasil belajar. Sementara teknik non tes menggunakan observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini dianalisis secara deskriptif dan sajian visual. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran ASSURE bernuansa STEAM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Puyoh pada mata pelajaran matematika materi Pecahan; 2) Pembelajaran ASSURE bernuansa STEAM dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas V SD 3 Puyoh pada mata pelajaran matematika materi Pecahan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model ASSURE bernuansa STEAM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan siswa kelas V SD 3 puyoh.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jeid

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JEID: Jurnal Integrasi dan Pengembangan Pendidikan mencakup pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Agama, Pendidikan Karakter, Pendidikan Bahasa dan Seni serta Media dan Teknologi ...