Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran ASSURE bernuansa STEAM dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V SD 3 Puyoh pada mata pelajaran matematika materi Pecahan. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli-September 2022. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD 3 Puyoh dengan total 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes menggunakan tes hasil belajar. Sementara teknik non tes menggunakan observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini dianalisis secara deskriptif dan sajian visual. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran ASSURE bernuansa STEAM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Puyoh pada mata pelajaran matematika materi Pecahan; 2) Pembelajaran ASSURE bernuansa STEAM dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas V SD 3 Puyoh pada mata pelajaran matematika materi Pecahan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model ASSURE bernuansa STEAM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan siswa kelas V SD 3 puyoh.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022