Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu
Vol 6 No 1 (2015): Widya Genitri

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TRI KAYA PARISUDHA DALAM MENINGKATKAN NILAI ETIKA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI PURWOSARI KECAMATAN TORUE KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Ni Luh Ayu Eka Damayanti (STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2014

Abstract

Implementasi Pendidikan Tri Kaya Parisudha dalam meningkatkan nilai etika siswa di Sekolah Dasar Negeri Purwosari Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong dilatar belakangi oleh fenomena bahwa di zaman sekarang bisa dilihat dari kenyataan di lapangan banyak anak yang kemampuan akademisnya tinggi, tetapi perilaku yang ditunjukkan terhadap teman-temannya, guru dan warga sekolah yang lain menyimpang atau tidak sesuai dengan aturan etika. Oleh karena itu adanya mata pelajaran pendidikan agama Hindu sangat membantu untuk perkembangan tingkah laku dan etika siswa menjadi lebih baik. Pendidikan agama Hindu di sekolah memiliki tujuan yaitu membina sikap dan perilaku siswa yang bertanggung jawab berdasarkan nilai-nilai moral Pancasila. Proses interaksi belajar mengajar dalam kelas membutuhkan suatu koordinasi kerja sama dan pengolahan yang baik di antara semua komponen pendidikan sehingga semua kegiatan siswa diharapkan dapat mencapai tujuan yang telah dirumuskan dan yang diharapkan yaitu mengaktualisasikan bentuk-bentuk perilaku yang beretika dan berbudhi pekerti luhur. Rumusan masalah yaitu bagaimanakah implementasi ajaran Tri Kaya Parisudha terhadap peningkatan etika siswa di SDN Purwosari Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan yaitu Teori Belajar. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Hasil pembahasan menunjukkan pola pengajaran pendidikan Tri Kaya Parisudha terhadap pembentukan perilaku dan etika siswa SDN Purwosari dilakukan melalui beberapa pendekatan dan beberapa teknik-teknik terdiri dari: 1) Pendekatan integrasi ke dalam mata pelajaran yang relevan, 2) Pendekatan kesadaran, 3) Pendekatan bersifat ajakan, 4) Pendekatan etika, 5) Pendekatan sosial keagamaan, 6) Pendekatan keteladanan, 7) Teknik instruktif, 8) Teknik stimulatif, 9) Teknik persuasif, dan 10) Teknik sugestif. Nilai-nilai ajaran Tri Kaya Parisudha yang diterapkan dalam meningkatkan etika siswa di SDN Purwosari yaitu nilai pendidikan agama Hindu, seperti Catur Paramitha, Catur Marga dan ajaran Sad Ripu yang bermanfaat membentuk perkembangan mental dan kepribadian siswa, pendidikan etika yang diberikan kepada siswa merupakan pendidikan kesusilaan, pendidikan etika ini bermanfaat untuk merubah prilaku siswa dari perbuatan yang tidak baik menjadi baik.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

widyagenitri

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Fokus Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayan Hindu tidak hanya menekankan pada fakta empiris atau teori murni, atau terhadap satu metode atau pendekatan tertentu. Scope Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu memiliki Scope sebagai berikut : ...