Berdasarkan hasil observasi awal peneliti terhadap kegiatan belajar dari rumah pada siswa Hindu Sekolah Dasar Negeri Model Terpadu Madani dimasa Pandemi Covid-19, guru agama hindu menerapkan pembelajaran daring. Pembelajaran daring melibatkan siswa dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 mata pelajaran agama Hindu. Setiap kelas sudah memiliki jadwal belajar yang telah ditetapkan oleh sekolah, dengan jumlah pertemuan daring satu kali dalam seminggu. Strategi Pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar mempengaruhi minat dan hasil belajar siswa. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah :1) Bagaimanakah strategi pembelajaran Daring mata pelajaran agama Hindu pada masa pandemi Covid-19 di SDN Model Terpadu Madani Kota Palu ? 2). Apakah faktor penghambat yang dihadapi guru agama Hindu dalam menerapkan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SDN Model Terpadu Madani Kota Palu ? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran daring pada mata pelajaran Agama Hindu pada masa pademi covid-19 di SDN Model Terpadu Madani Palu meliputi: a. Memberi pelatihan tenaga pendidik tentang pelajaran daring; b. Menerapkan strategi pembelajaran ekspository; c. Peranapan strategi pembelajaran daring mata pelajaran Agama Hindu meliputi; 1. Ide konsep strategi; 2. Perencanaan strategi;3. Pelaksanaan strategi;4. Evaluasi; 2). Faktor penghambat yang dihadapi guru Agama Hindu dalam menerapkan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SDN Model Terpadu Madani Palu yaitu: a. Kondisi jaringan yang tidak stabil; b. Kesibukan orang tua bekerja tidak bisa mendampingi anak belajar.
Copyrights © 2022