BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi
Vol. 2 No. 2 (2020): BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi

Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi

Waris Waris (IKIP PGRI Jember)
Elok Maratus Sholeha (IKIP PGRI Jember)
Fatimatuz Zuhro (IKIP PGRI Jember)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran model belajar Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini memiliki subyek penelitian siswa kelas VII-D SMP Negeri I Arjasa Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara, tes, serta dokumentasi. Penelitian ini berakhir dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi model belajar Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus ke-1 sebesar 51,72 %, dan meningkat menjadi 86% pada siklus ke-2.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

biocons

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy

Description

BIO-CONS : Jurnal Biologi dan Konservasi, receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology and conservation education, also utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, ...