Jurnal Edukasi Biologi
Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi

IDENTIFIKASI KETERLAKSANAAN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA MENURUT KURIKULUM 2013

Susan Pramitasari (Unknown)
Paidi . (Unknown)
Yuliati . (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan aspek, teknik, instrumen, dan prosedur penilaian dalam proses penilaian kompetensi pengetahuan; (2) kesesuaian antara aspek, teknik, dan instrumen penilaian kompetensi pengetahuan; (3) faktor yang menjadi kendala guru mata pelajaran biologi dalam melaksanakan penilaian kompetensi pengetahuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-evaluatif. Sasaran penelitian adalah guru biologi SMA N 1 Godean, SMA N 1 Pakem, SMA N 1 Prambanan Sleman. Instrumen penelitian berupa kuesioner, pedoman dokumentasi dan lembar telaah soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan aspek, teknik, instrumen, dan prosedur penilaian masuk dalam kategori jarang dilaksanakan sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013; (2) konsistensi penentuan aspek, teknik, dan instrumen penilaian tes tertulis yang digunakan guru biologi di SMA di Kabupaten Sleman cenderung telah sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013; (3) kendala guru biologi dalam melaksanakan penilaian kompetensi pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013  adalah masalah waktu yang sangat terbatas. Kata kunci: Kurikulum 2013, Penilaian Kompetensi Pengetahuan

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan ...