Jambura Journal of Administration and Public Service
Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 nomor 1 Oktober 2020

Implementasi Kebijakan Retribusi Pelayanan Pasar Di Pasar Sentral Kota Gorontalo

Ainun Fauziah Isnani idrus (Universitas Negeri Gorontalo)
Rosman Ilato (Universitas Negeri Gorontalo)
Sri Yulianty Mozin (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) implementasi kebijakan retribusi pelayanan pasar di Pasar Sentral Kota Gorontalo, dan (2) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kebijakan retribusi pelayanan pasar di Pasar Sentral Gorontalo. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumnetasi.Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) strategi implementasi kebijakan pengelolaan retribusi pelayanan pasardi Pasar Sentral Kota Gorontalo baik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi sudah terlaksana namun belum optimal. Pada tahap perencanaan belum efektif untuk mencapai target realisasi penerimaan tahunan. Pada tahap pelaksanaan belum optimal dalam hal penerimaan retribusi yang belum memenuhi target capaian sebagaimana yang telah direncanakan dalam rencana tahunan. Pada tahap monitoring harian oleh petugas pemungut retribusi pelayanan pasar belum maksimal karena dilakukan seminggu sekali dari yang seharusnya setiap hari; (2) faktor pendukung implementasi kebijakan pengelolaan retribusi pelayanan pasar di Pasar Sentral Kota Gorontalo yaitu Pertama, komunikasi yang lancar dan baik antara semua pihak yang terlibat. Kedua, struktur birokrasi melalui SOP yang jelas yang memudahkan para pelaku untuk melaksanakan kebijakan dan sedikit fregmentasi dalam penyebaran tanggung jawab; (3) faktor penghambat implementasi kebijakan pengelolaan retribusi pelayanan pasar di Pasar Sentral Kota Gorontalo yaitu Pertama, sumber daya baik keterbatasan jumlah sumber daya manusia petugas pemungut retribusi dan belum dimanfaatkannya sistem informasi akuntansi dalam pemungutan dan penyetoran retribusi pelayanan pasar. Kedua, sikap petugas pemungut retribusi maupun pedagang yang kurang antusias.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jjaps

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini dimaksudkan sebagai forum komunikasi Administrasi Publik dan ilmuwan lain dari banyak praktisi yang menggunakan Manajemen Pelayanan Publik dan Kebijakan Publik dalam penelitian. Naskah artikel meliputi bidang Manajemen dan Pelayanan Publik; Kebijakan publik; Manajemen Kepemimpinan; ...