Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi
Vol 2 No 1 (2020)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA GAMBAR DAN TANPA MEDIA GAMBAR PADA SISWA

Aisyah Rizky Amalia (Unknown)
Sudarman Sudarman (Unknown)
Kadori Haidar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan menggunakan model coopertative learning numbered heads together dengan media gambar dan tanpa media gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Sangatta Utara dengan kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan analisis data nilai rata – rata untuk kelas eksperimen 1 mengalami peningkatan sebesar 12,12 (17,8%) sedangkan nilai rata – rata untuk kelas eksperimen 2 mengalami peningkatan sebesar 8,63 (13,8). Hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa menggunakan model coopertative learning numberhed together dengan media gambar dan tanpa media gambar di tinjau dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

prospek

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi published by the Department of Economic Education, the Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mulawarman, which is published twice a year in June and December. It contains articles of research or study of literature in the field of ...