Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan menggunakan model coopertative learning numbered heads together dengan media gambar dan tanpa media gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Sangatta Utara dengan kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Berdasarkan analisis data nilai rata – rata untuk kelas eksperimen 1 mengalami peningkatan sebesar 12,12 (17,8%) sedangkan nilai rata – rata untuk kelas eksperimen 2 mengalami peningkatan sebesar 8,63 (13,8). Hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa menggunakan model coopertative learning numberhed together dengan media gambar dan tanpa media gambar di tinjau dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Copyrights © 2020