Aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VIII A SMPN 1 Dua Pitue Kabupaten Sidenreng Rappang masih rendah atau masih dibawah. Hal ini disebabkan banyak faktor, di antaranya proses belajar yang kurang baik. maka dari itu mesti adanya kemajuan saat proses belajar mengajar saintifik, antara lain adalah penggunaan strategi pembelajaran active learning benar atau salah (true or false). Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat meningkatkan prestasi dalam hal menuntut ilmu dalam mata pelajaran IPA kelas VIII A SMPN 1 Dua Pitue Kabupaten Sidenreng Rappang. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa Pelaksanaan Strategi pembelajaran Acitve Learning Tipe “True” Or “False” dalam penerimaan materi IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. pada siklus I Aktivitas pembelajaran ditemukan sebanyak 64,12%, sedangkan pada siklus II terjadi penambahan sebanyak 84,23%. Antara siklus I dan Siklus II terjadi peningkatan sebanyak 8,23%. begitupun dengan hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh hanya 43,47% peserta didik yang dinyatakan lulus dan 56,52% peserta didik yang dinyatakan tidak lulus, sedangkan pada siklus II diperoleh 86,95% dinyatakan lulus dan 13,04% dinyatakan tidak lulus. hal ini terjadi peningkatan dari siklus I Siklus II dari segi aktivitas atau kegiatan belajar dan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2022