Abstrak penelitian ini memiliki tujuan agara dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada bidang pembelajaran ilmu pengetahuan alam materi ekosistem pada peserta didik kelas IV SD Negeri 34 Parepare. Penelitian menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk menguraikan data skor hasil tes materi ekosistem digunakan tekhnik analisis kuantitatif yaitu persentase rata-rata, sekunder daviasi dan grafik. Sedangkan data berupa hasil pengamatan digunakan tekhnik analisis kualitatif yaitu dengan meringkas dan menguraikan hasil penelitian melalui observasi pengamat. Indikator keberhasilan ditinjau berdasarkan ketuntasan nilai peserta didik, dimana rata-rata minimum KKB ≥ 70 dengan persentase minimal 85 %. Hasil menunjukkan persentase ketuntasan telah memenuhi KKB pada siklus I mencapai 58,33 %, sehingga belum memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Persentase nilai peserta didik yang melebihi KKB pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,89%. Sesuai hasil analisis, dapat disimpulkan dengan diterapkannya model kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi ekosistem kelas IV SD Negeri 34 Parepare
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022