Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi Zat Aditif dan Zat Adiktif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus secara tatap muka. Tempat pelaksanaan penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Parepare Jalan Karaeng Burane No. 18 Kelurahan Mallusetasi Kecamatan Ujung Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Langkah kegiatan PPL menggunakan model PBL terdiri dari pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, bahan ajar dan alat evaluasi. Objek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII 5 Tahun Pelajaran 2022/2023. Pembelajaran menggunakan model PBL meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dibuktikan dngan meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dibuktikan dengan meningkatnya jumlah peserta didik yang nilainya melampaui KKM disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2023