Hasil penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan wujud tokoh dalam novel ”Pesantren Impian” karya Asma Nadia serta nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Pesantren Impian karya Asma Nadia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu menemukan bentuk pendiri berupa (1) Alur, novel “Pesantren Impian” memiliki alur gabungan karena dalam novel menceritakan konflik di awal cerita. (2) Tema novel “Pesantren Impian” bertema cinta, teka-teki dan kematian. (3) Tokoh-tokoh yang berhubungan dengan novel “Pesantren Impian” yaitu Si Gadis, Umar, Tengku Hasan, Rini, Inong, Sissy, Paklik Kusno, dan Mas Bagus. (4) Konteks, setting novel “Pesantren Impian” adalah pulau Aceh. (5) Gaya bahasa, yang dimajukan penulis dalam novel “Pesantren Impian” ialah metafora, hiperbola dan personifikasi. (6) Sudut pandang, menggunakan orang ketiga. (7) Amanat, terkandung amanat hargai masa mudamu. Kecuali bentuk pendiri pada novel pengkaji juga mengkaji tentang nilai-nilai karakter dari novel “Pesantren Impian”. Dalam novel “Pesantren Impian” karya Asma Nadia terdapat 9 kutipan yang mengandung nilai pendidikan karakter, yaitu: nilai religius (4 tanda kutipan), nilai rasa ingin tahu (1 tanda kutipan), nilai mandiri (1 tanda kutipan), nilai kebenaran (1 tanda kutipan), nilai kebersamaan (1 tanda kutipan), dan nilai peduli sosial (1 tanda kutipan).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023