Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Pengaruh Media Komik Terhadap Kemampuan Memahami Isi Bacaan Pada Siswa

Arlina (Unknown)
Siti Istiningsih (Unknown)
Baiq Niswatul Khair (Unknown)
Muhammad Makki (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2023

Abstract

Penggunaan media pembelajaran di kelas masih jarang digunakan oleh guru. Hal ini menjadi salah satu penyebab siswa merasa bosan dan jenuh dalam belajar. Pada abad 21 guru dituntut untuk menggunakan teknologi yang berupa media kedalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik terhadap kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas V SDN 1 Darek. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan pengembangan bagi peneliti lain yang akan meneliti hal serupa mengenai pengaruh media komik dan lebih terampil dalam merancang media pembelajaran terutama komik. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen, subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Darek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pre-test dan post-test berupa test uraian. Teknik analisis data menggunakan SPSS untuk melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media komik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan memahami isi bacaan, hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sampel T-Test dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.00 < 0.05.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...