Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Pengembangan E-Modul Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Miqro’ Fajari Lathifah (Unknown)
Joni Rokhmat (Unknown)
Kosim (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul elastisitas dan Hukum Hooke yang valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE. Uji coba terbatas pada penelitian dilakukan di SMAN 1 Narmada dengan subjek penelitian sebanyak 25 peserta didik kelas XI. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis validasi berdasarkan hasil uji validitas oleh tiga orang ahli dan analisis kepraktisan berdasarkan repson peserta didik. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk aspek ukuran e-modul sebesar 0,75 kategori valid, aspek desain e-modul sebesar 0,87 kategori sangat valid, aspek isi materi sebesar 0,87 kategori sangat valid dan aspek bahasa sebesar 0,84 kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk aspek tampilan sebesar 3,66 kategori sangat baik, aspek materi sebesar 3,74 kategori sangat baik, aspek motivasi 3,41 kategori sangat baik dan aspek bahasa sebesar 2,64 kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut, e-modul yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...