Education Journal: Journal Educational Research and Development
Vol. 7 No. 2 (2023)

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Discovery Learning Serta Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika

Salam, Abdul (Unknown)
Rusmawati, Retno Danu (Unknown)
Suhari, Suhari (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar Fisika antara kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan model problem-based learning dan kelompok siswa yang menggunakan model discovery learning (2) untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar Fisika antara kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah, dan (1) untuk mengetahui Interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Fisika pada siswa kelas XI SMAN 1 Sukodadi. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimental faktorial 2X2. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dan metode tes. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik ANAVA dua jalur. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Sukodadi. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil sebagai berikut (1) Terdapat perbedaan pengaruh antara Model Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar Fisika siswa, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar Fisika siswa yang memiliki motivasi Belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi Belajar rendah. dan (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi Belajar terhadap hasil belajar Fisika. Pembelajaran Fisika dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL), siswa-siswa yang mempunyai tingkat motivasi Belajar tinggi mempunyai hasil belajar Fisika lebih baik dibandingkan siswa-siswa yang mempunyai tingkat motivasi Belajar rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Education Other

Description

Education Journal: Journal Educational Research and Development is a scientific journal managed by LPPM Universitas PGRI Argopuro Jember intended to disseminate the results of scientific works that have been made by lecturers, teachers, alumni and experts. In addition, the scientific journal is ...