Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains
Vol. 3 No. 1 (2021): Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains

Pemanfaatan Program Crocodile Physics sebagai Media Pembelajaran dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Yoan Theasy (Universitas Palangka Raya)
Muhammad Nawir (Universitas Palangka Raya)
Ani Ristiani Hartono (Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Masa Pandemi Covid-19 membuat kegiatan pembelajaran tatap muka dan praktikum dilaboratorium belum dapat berjalan seperti biasanya. Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan program Crocodile Physics sebagai media pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar fisika mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November 2020, dengan metode perkuliahan secara daring (dalam jaringan), pada Program studi Pendidikan Fisika FKIP UPR (Universitas Palangka Raya). Subjek penelitian yaitu mahasiswa Program studi Pendidikan Fisika Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Peningkatan hasil belajar mahasiswa memperoleh kriteria tinggi dengan skor N-Gain sebesar 0,896. Oleh karena itu hasil studi menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dalam penggunaan program Crocodile Physic sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bpjps

Publisher

Subject

Education

Description

Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains is a scientific journal published by the Physics Education Study Program, FKIP University of Palangka Raya. This journal aims to accommodate research articles in the field of Science Education. In the end, this journal is expected to describe the ...