Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains
Vol. 4 No. 2 (2022): Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains

Pengembangan E-modul Berbasis Learning Management System (LMS) dengan Moodle pada Materi Listrik Dinamis di Kelas IX SMP

Trivina Lovenia (University of Palangka Raya)
Gunarjo Suryanto Budi (Universitas Palangka Raya)
Theo Jhoni Hartanto (Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validasi terhadap E-modul berbasis LMS dengan Moodle pada materi listrik dinamis. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE memiliki lima tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Model ADDIE yang digunakan peneliti dalam proses pengembangan e-modul pembelajaran hanya sampai tahap development (pengembangan) yang bertujuan menghasilkan produk yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Palangka Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan penilaian lembar validasi isi dan lembar validasi guru IPA. Hasil analisis penilaian validasi isi menunjukkan persentase rata-rata 65% dengan kriteria cukup valid sehingga e-modul berbasis LMS Moodle dinyatakan valid. Hasil analisis penilaian validasi guru IPA terhadap e-modul pembelajaran menunjukkan persentase rata-rata 85% dengan kriteria sangat valid e-modul berbasis LMS Moodle dinyatakan valid.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bpjps

Publisher

Subject

Education

Description

Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains is a scientific journal published by the Physics Education Study Program, FKIP University of Palangka Raya. This journal aims to accommodate research articles in the field of Science Education. In the end, this journal is expected to describe the ...