Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi Mei 2022

Edukasi Perancangan Virtual Laboratory Pada Guru SMKN

Luh Sukariasih (Universitas Halu Oleo)
Syarifuddin (Universitas Halu Oleo)
Vivi Hastuti R.M (Universitas Halu Oleo)
Erniwati (Universitas Halu Oleo)
Abdin (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi perancangan virtual laboratory pada guru SMKN 6. Perancangan Virtual Laboratory dibuat berbasis Android dengan menggunakan aplikasi VoltLab dan PhET. Metode pendekatan yang dilakukan dengan cara edukasi dan pelatihan. Pelatihan menggunakan metode praktikum, ceramah, tanya-jawab, diskusi, dan presentasi. Evaluasi pelaksanaan program dengan menggunakan pretest dan posttest yang dibuat oleh pengusul berupa soal uraian. Data awal dan akhir dicari gain score. Berdasarkan hasil observasi awal terhadap kompetensi guru khususnya kemampuan guru-guru SMK Negeri 6 Kendari untuk merancang sistem praktikum virtual laboratory berbasis android menggunakan Voltlab dan PhET masih berada pada kategori rendah dengan tahapan darurat yang dicirikan oleh pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada tahap permulaan. Hasil kegiatan diperoleh, sebelum edukasi Virtual Laboratory atau pada saat pre-test guru SMKN 6 Kendari memperoleh nilai rerata sebesar 31.84 dengan kategori tidak tuntas dan saat post-test memperoleh nilai rerata sebesar 78.94 dengan kategori tuntas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat memiliki Online ISSN: 2714-5778 dan Print ISSN : 2746-4733 dengan DOI: 10.36709/amalilmiah Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal ini adalah hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sesuai dengan focus dan ...