Jurnal Pema Tarbiyah
Vol 1, No 2 (2022)

PENGARUH WORKSHOP PARENTING TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK DI DESA LALANG TANJUNG PURA

Ali Daud Hasibuan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Ade Irma Yukyta Ilham (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Aigia Dwi Mayasari (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Afifatul Faujiah Harahap (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Aismat Ihsan Lubis (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Aditya Nugraha (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari Parenting terhadap hasil belajar anak di Desa Lalang Tanjung Pura. Dimana jenis dari penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian kualitatif dengan pendeketan dekriptif. Dimana dalam pelenitian ini menggunakan metode observasi dan juga wawancara. Lokasi yang menjadi tempat penelitian ini dilakukan di Desa Lalang, Tanjung Pura. Penelitian ini menunjukan bahwa pentingnya WorkShop Parenting terhadaap hasil dari belajar anak yang terkadang baik dan terkadang buruk. Perhatian orang tua juga sangat penting dalam hasil belajar anak dimana anak perlu bimbingan yang lebih lagi dari orang tua agar hasil belajar anak semakin baik. Banyak dari orang tua di Desa Lalang cendrung bersifat permisif dan juga ada yang tidak perduli dengan hasil belajar dari anak tersebut. Berikutnya dapat disimpulkan bahwa parenting yang dilakukan secara konsisten dapat memberikan efek yang baik untuk hasil belajar pada anak di Desa Lalang, saran yang disampaikan dalam penelitian ini ialah orang tua dsan juga anak harus saling bersemangat dalam mencapai hasil belajar yang baik serta orang tua hendaknya memberikan perhatian yang lebih untuk hasil belajar anak, dan juga dukungan yang menjadikan anak dapat mengembangkan hasil belajar yang dimilikinya dengan maksimal.Kata kunci: Bimbingan orangtua, dukungan, perhatian

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pematarbiyah

Publisher

Subject

Education

Description

JOURNAL PEMA TARBIYAH is a peer-reviewed journal about education, especially community service, sharing knowledge and information about research reports on all aspects of education and community service. JURNAL PEMA TARBIYAH specifies on Education Publications published an article in the form of the ...