Educaniora: Journal of Education and Humanities
Vol. 1 No. 1 (2023): March

Analisis Tindak Tutur Direktif Guru Bahasa Indonesia dalam Proses Pembelajaran Teks Proposal di Kelas XI SMAN 1 Gunung Talang

Iqbal Jefiza (Universitas Negeri Padang)
Tressyalina Tressyalina (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif guru Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran teks proposal di SMAN 1 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tuturan guru dalam proses pembelajaran teks proposal di kelas XI SMAN 1 Gunung Talang. Sumber data pada penelitian ini yaitu Ibu Marlis selaku guru Bahasa Indonesia di SMAN 1 Gunung Talang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat catat. Teknik analisis data berupa menyimak, memahami, mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini didapatkan jumlah tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru sebanyak 201 tuturan dengan rincian tuturan menyuruh sebanyak 88 tuturan, memohon 7 tuturan, menyarankan 58 tuturan, menuntut 37 tuturan, dan menantang 11 tuturan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ec

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This interdisciplinary journal focuses on the exchange of research results in education and humanities. Educaniora aims to bridge the gap between pure academic research journals and more practical publications. Fields of interest include, but are not limited to: 1. Indonesian Language Education; 2. ...