Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 2 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan

Analisis Aksi Reaksi Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Sikap dan Karakter Peserta Didik

Sabila Eka Septi (Universitas Jambi)
Astalini Astalini (Universitas Jambi)
Dwi Agus Kurniawan (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran inkuiri terhadap sikap dan kepribadian peserta didik. Penelitian ini merupakan studi literatur yang mengkaji penerapan aksi reaksi model pembelajaran inkuiri dalam upaya meningkatkan sikap dan karakter peserta didik melalui studi literatur. Penelitian studi pustaka ini didasarkan pada artikel ilmiah, jurnal, dan dokumen penelitian yang relevan dengan penelitian ini. Implementasi model pembelajaran inkuiri aksi-reaksi menjadi fokus penelitian ini. Menurut temuan kajian pustaka, aksi dan reaksi model pembelajaran inkuiri yang telah diterapkan belum sepenuhnya memenuhi tuntutan kurikulum 2013. Hal ini terlihat pada penelitian terdahulu bahwa aksi reaksi model pembelajaran inkuiri belum mengakomodasi perbaikan sikap dan karakter peserta didik. Oleh karena itu, perlu dilakukan sebuah pengembangan terhadap aksi reaksi model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan sikap dan karakter peserta didik.

Copyrights © 2023