Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 2 (2022): Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Halen Dwistia (Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi)
Meilisa Sajdah (Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi, Indonesia)
Octa Awaliah (Pondok Pesantren Husnul Amal Kotabumi, Lampung Utara)
Nisa Elfina (Pondok Pesantren Husnul Amal Kotabumi, Lampung Utara)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak diterapkannya media sosial sebagai media pembelajaran khususnya. Fakta lapangan dimana pengunaan media sosial berupa internet di Indonesia menunjukkan bahwa perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang pesat. Tidak sedikit sekolah dan universitas di indonesia yang memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai salah satu media dalam pembelajaran, salah satunya pendidikan agama islam. Penulis kemudian dengan menerapkan metode kualitatif, dengan study literatur menelaah dampak dari pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran pendidikan agama islam, baik mengenai efek yang positif maupun negatif. Hal ini juga dilatarbelakangi oleh pemanfaatan media sosial yang belakangan banyak di salah gunakan oleh pelajar. Media sosial memiliki pengaruh positif dalam sosialisasi diantara penggunanya namun juga bisa menimbulkan efek yang buruk di kehidupan nyata. Hal tersebut kemudian menimbulkan perubahan pada kemampuan anak dalam belajar dan memahami materi ajar pendidikan agam islam, baik berupa kemampuan akademik ataupun kepribadian.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

arrusyd

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Fokus dan ruang lingkup Jurnal Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam adalah isu-isu penting dan aktual tentang pendidikan agama Islam seperti Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan Islam, Ilmu pendidikan Islam, Strategi pembelajaran pendidikan Islam, Kurikulum pendidikan Islam, Manajemen ...