Generasi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 1 No. 01 (2023): Jurnal Generasi

Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Fredwrich Wilhelm Froebel

Ulya Ainur Rofi’ah (a:1:{s:5:"en_US"
s:42:"Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban"
})

Maemonah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)
Putri Indah Lestari (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban)



Article Info

Publish Date
23 May 2023

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana konsep filosofis yang dikemukakan oleh Frederich Wilhelm Froebel berkaitan dengan pendidikan anak usia dini, dan selanjutnya dikaitkan dengan pertumbuhan pendidikan anak usia dini di Indonesia. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pilihan metode penelitian kepustakaan. Frobel telah menyumbangkan pandangan yang sangat luas dalam dunia pendidikan modern saat ini, menurut Froebel manusia pada dasarnya adalah dinamika yang produktif dan tidak hanya bersifat represif. Froebel menekankan pendidikan pada anak usia 3-6 tahun atau 7 tahun. Pada masa ini, seorang anak akan dibekali pengetahuan untuk memiliki kemampuan sebagai dasar perkembangan dan pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu Froebel menekankan perlunya memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan latihan sensorik, bahasa dan bermain sebagai komponen penting dalam pendidikan anak

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

Focus and Scope of Jurnal of Early Childhood is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, ...