Jurnal Konseling Pendidikan Islam
Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Konseling Pendidikan Islam

MODERASI BERAGAMA SEBAGAI MATERI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROSES PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Mo’tasim, Mo’tasim (Unknown)
Mollah, Moch. Kalam (Unknown)
Rahman, Mufiqur (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Moderasi beragama menjadi sangat penting dalam diskursus public tentang intoleransi. Kajian ini bermaksud mendiskusikan penetrasi moderasi beragama pada lembaga pendidikan Islam melalui lembaga bimbingan dan konseling sebagai materi utama. Dengan pendekatan kepustakan (libarary reseach) penelitian ini menghasilkan temuan kajian bahwa Pemikiran moderasi beragama seharusnya juga menjadi materi utama dalam kontek bimbingan dan konseling di lembaga pendidikan Islam, baik di madrasah maupun di pesantren.karena maraknya kekerasan dan praksis intoleransi disebabkan karena tidak ada pengetahuan tentang moderasi beragama sejak dini. Bahwa materi moderasi beragama sebagai materi utama dalam bimbingan dan konseling dalam lingkup pendidikan islam menurut penulis akan menjadi tambahan strategi dalam melakukan penguatan pemahaman siswa terhadap moderasi beragama yang dapat dilakukan oleh guru dan juga lembaga bimbingan dan konseling yang ada di lembaga pendidikan. Pembinaan moderasi beragama sejak dini melalui lembaga pendidikan islam khusunya lembaga konseling dan juga para guru dan kepala sekolah seharusnya mengedepankan Taqdimu al-Qudwah al-Toyyibah yaitu Pendidikan keteladanan, Pendidikan Islam sangat memperhatikan keteladanan dan melatakkannya pada metode yang sangat penting dalam Pendidikan. Materi bimbingan pada lembaga pendidikan islam secara khusus dapat melakukan pembelajaran dan pemahaman yang telah dirumuskan dalam indikator moderasi beragama yaitu, Komitmen kebangsaan, Toleransi, Anti radikalisme dan kekerasan, Akomodatif terhadap budaya lokal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkpi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Al Khairat Journal of Islamic Education Counseling (JKPI-Al Khairat) is a scientific journal in the field of Guidance and Counseling in Islamic Education and Education in general which is published regularly twice a year. This journal was published by departmen Islamic Guidance and Counseling at the ...