Mind mapping termasuk dalam salah satu metode pembelajaran quantum learning, yakni gaya pencatatan dengan menggunakan fungsi visual dan sensorik dalam bermacam ide berpola dan saling berkaitan. Berangkat dari tujuan utama, peneliti hendak menguji coba pengaruh penerapan teknik mind mapping terhadap kemampuan perencanaan karier siswa dengan mengambil sampel siswa kelas IX.D SMP IT Al-Ghozali Jember yang berlandaskan teknik penentuan dengan purposive sampling. Penelitian menggunakan desain penelitian pre-experimental dengan bentuk one group pretest-posttest design. Hasil data perbandingan kemudian dianalisa dengan menggunakan uji wilcoxon, yakni membandingkan antara data pretest dengan posttest 1 serta membandingkan hasil data pretest dengan posttest 2. Hasil uji wilcoxon pertama adalah Z-score sebesar -0,637 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,524. Kemudian hasil uji wilcoxon kedua adalah Z-score sebesar -1,753 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,080. Berdasarkan hasil uji tersebut, dapat disimpulkan bahwa analisis non-parametric uji wilcoxon signed rank test pada kedua perbandingan data adalah Ha ditolak, sebab hubungan kedua data menghasilkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) lebih besar dari batas ambang 0,025 (perbandingan data menyatakan tidak adanya perubahan/pengaruh secara signifikan).
Copyrights © 2023