JURNAL SMART ANKes
Vol. 7 No. 1 (2023): JURNAL SMART ANKes

ANALISIS KEPUASAN PASIEN JKN-KIS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS PRABUMULIH TIMUR MELALUI TOOLS KESSAN

Yeni Indriyani (Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Endha Ayu Lestari (Fakultas Kesehatan Universitas Kader Bangsa)
Rico Januar Sitorus (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya)
Sri Indra Kurnia (Fakultas ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Kepuasan peserta merupakan cerminan kualitas pelayanan kesehatan. Dengan adanya KESSAN dapat dilihat tingkat kepuasan peserta JKN-KIS yang telah melakukan pelayanan Kesehatan di Puskesmas yang dapat menjadi acuan untuk evaluasi kualitas pelayanan pada Puskesmas tersebut, dimana capaian KESSAN pada bulan Mei 2022 sebesar 85 (88 yang artinya tidak puas). Metode: Menggunakan survei analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional yang menggunakan kuesioner terhadap 100 responden yaitu pasien JKN-KIS di salah satu Puskesmas di Prabumulih. Berdasarkan hasil analisis diketahui ada hubungan yang bermakna (signifikan) antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien JKN-KIS dengan p-value 0.000 lebih kecil dari nilai a (0,05), OR 5.800. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan yang buruk 5.8 kali berisiko untuk membuat pasien merasa tidak puas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSA

Publisher

Subject

Health Professions

Description

Jurnal SMART ANKes adalah jurnal yang diterbitkan oleh Biro Riset, Inovasi dan Pengabdian Masyarakat Universitas Anak Bangsa Pangkalpinang. Jurnal SMART ANKes, adalah Jurnal Ilmiah berkala yang diterbitkan oleh diterbitkan oleh Biro Riset, Inovasi dan Pengabdian Masyarakat Universitas Anak Bangsa ...