JAPB
Vol. 2 No. 1 (2021)

PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA PGRI LARANTUKA

Ferdinandus Daud (Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka)
Yosep Belen Keban (Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2021

Abstract

Kepala sekolah memiliki perananan yang sangat penting dalam memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan pada sebuah lembaga pendidikan. Salah satu peranan penting kepala sekolah terkait dengan hal tersebut adalah sebagai supervisor pendidikan. Penelitian ini ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan pada masa pandemi Covid-19 di SMA PGRI Larantuka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di SMA PGRI Larantuka-Kabupaten Flores Timur-NTT. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Juni 2021. Sumber informasi dalam penelitian ini sebanyak empat orang yakni kepala sekolah dan para guru. Teknik pengumpulan data menggunkan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara interaktif dan dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan hasil penelitian mengatakan bahwa peranan kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan di SMA PGRI Larantuka pada masa pandemi Covid-19 ini dilaksanakan namun belum secara optimal karena kepala sekolah hanya melakukan supervisi administrasi kepada guru itu pun tidak berkelanjutan. Sedangkan supervisi akademik tidak dilakukan oleh kepala sekolah dalam situasi pandemi Covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japb

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal JAPB yang dikelolah oleh LPPM STP Reinha Larantuka diterbitkan dua kali dalam setahun dan mencakup ilmu pendidikan agama ...