Proceeding Seminar Nasional IPA
2022

DAMPAK MODEL PEMBELAJARAN STEAM-2C TERINTEGRASI PjBL DALAM PEMBELAJARAN IPA

Kusumawati, Intan (Unknown)
Marwoto, Putut (Unknown)
Rusilowati, Ani (Unknown)
Sumarni, Woro (Unknown)
Mursidi, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Model Project Based Learning (PjBL) berorientasi pada pembelajaran dengan output menghasilkan suatu produk, dan STEAM-2C (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics, Culture, Communication) embedded dengan model PjBL. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak model pembelajaran STEAM-2C terintegrasi model PjBL dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian ini berupa kualitatif yang datanya diperoleh dari 30 pertanyaan terbuka dan wawancara terhadap mahasiswa. Penelitian ini menggunakan instrumen yang valid melalui penilaian validitas isi oleh tiga validator dalam Forum Group Discussion (FGD), dan pengukuran tiga rater melalui rumus Gregory dengan perolehan KV = 1; instrumen juga dinyatakan reliabel dengan persetujuan validator melalui rumus Cohen Kappa (K) dan uji coba pada siswa. Ditemukan bahwa model STEAM-2C terintegrasi PjBL dinilai sangat baik dari unsur minat, kegunaan, kelayakan, kebaruan, keunikan. Simpulan, dampak modelpembelajaran STEAM-2C ini mengarah pada motivasi belajar, literasi sains, Higher Order Thinking skills (HOTs), dan TPACK mahasiswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan penelitian selanjutnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snipa

Publisher

Subject

Education

Description

Proceeding Seminar Nasional IPA berisi artikel yang bertema inovasi pembelajaran IPA, penelitian dibidang IPA dan ilmu lingkungan yang berasal dari kegiatan Seminar Nasional IPA. Kegiatan Seminar Nasional IPA sendiri merupakan kegiatan yang diselengarakan oleh Jurusan IPA Terpadu UNNES dengan ...