Proceeding Seminar Nasional IPA
2023

UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) KELAS VIII SMPN 41 SEMARANG

Aras, Avila (Unknown)
Dewi, Novi Ratna (Unknown)
Sukimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki tujuan untuk meningkatkan minat Belajar IPA peserta didik di kelas VIII G semester genap Tahun Pelajaran 2022/2023 SMPN 41 Semarang. Penelitian menggunakan model pembelajaran Childern Learning in Science (CLiS). Model PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart dalam 2 siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Data penelitian berupa minat belajar IPA peserta didik diambil dengan menggunakan instrumen angket minat belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif antar siklus. Hasil Penenlitian Tindakan Kelas (PTK) ini diperoleh rata-rata indeks minat belajar pada siklus I adalah 65,80 %. Kemudian rata-rata indeks minat belajar peserta didik pada siklus II adalah 69,78 %. Hal tersebut berarti terdapat peningkatan minat belajar IPA peserta didik kelas 8 G SMPN 41 Semarang semester genap tahun pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

snipa

Publisher

Subject

Education

Description

Proceeding Seminar Nasional IPA berisi artikel yang bertema inovasi pembelajaran IPA, penelitian dibidang IPA dan ilmu lingkungan yang berasal dari kegiatan Seminar Nasional IPA. Kegiatan Seminar Nasional IPA sendiri merupakan kegiatan yang diselengarakan oleh Jurusan IPA Terpadu UNNES dengan ...