Proceeding Seminar Nasional IPA
2023

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPIAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII E SMP N 41 SEMARANG

Tifani, Aizah (Unknown)
Sukimin (Unknown)
Dewi, Novi Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Peneitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial dengan menerapkan model problem based learning di kelas VIII E SMP N 41 Semarang. Metode penelitian menggunakan desains model kemmis dan me taggart selama dua siklus. Pengambilan data mengggunkan observasi pembelajaran problem based learning dan angket keterampilan sosial pra siklus, siklus I dan siklus II. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif dan kuantitatif presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa angket keterampilan sosial pada pra siklus diperoleh rata – rata sebesar 60% dengan kategori cukup, pada siklus I diperoleh rata – rata sebesar 71% dengan kategori tinggi. sehingga ada peningkatan sebesar 11%. Adaun pada siklus II diperoleh rata – rata sebesar 80% dengan kategori tinggi sehingga ada peningkatan sebesar 8%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan problem based learning dapat meningkatkan keterampilan sosial peserta didik di kelas VIII E SMP N 41 Semarang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

snipa

Publisher

Subject

Education

Description

Proceeding Seminar Nasional IPA berisi artikel yang bertema inovasi pembelajaran IPA, penelitian dibidang IPA dan ilmu lingkungan yang berasal dari kegiatan Seminar Nasional IPA. Kegiatan Seminar Nasional IPA sendiri merupakan kegiatan yang diselengarakan oleh Jurusan IPA Terpadu UNNES dengan ...